Benarkah Kita Telah Dijajah Teknologi ??? Skip to main content

Benarkah Kita Telah Dijajah Teknologi ???

Halo kawan semua, bagaimana kabarnya hari ini? Tetap semangatkan ya untuk menjalani aktivitas? apakah sudah ada rencana mau melakukan apa untuk mengisi hari-hari anda? Oke, sebelum kawan semua melakukan aktivitas, alangkah baiknya kalo menyimak dulu artikel yang saya tulis ini, semoga dapat memberi pencerahan dalam melakukan aktivitas kedepannya. Pastinya kawan semua tidak dapat lepas dari yang namanya teknologi bukan, dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan baru bangun saja yang dicari pertama pasti handphone, Iya kan? hayo ngaku? Fungsi dari teknologi sepertinya sudah menggantikan semuanya. Ya salah satu contohnya itu tadi handphone sudah menggantikan posisi dari jam alarm yang sekarang bahkan sudah punah.


Perkembangan teknologi saat ini memang berkembang sangat pesat. Mulai dari perkembangn teknologi dalam bidang otomotif, fashion, sampai gadget. Bahkan setiap minggu atau bulan pasti keluar produk gadget baru. Wajarlah kalo sekarang banyak orang berganti-ganti handphone ataupun laptop. Jika dilihat dari history perkembangan gadget dari handphone menjadi smartphone, komputer menjadi laptop, hingga berevolusi menjadi tablet. Terus ini para gadget yang sudah pensiun mau dikemanain misalnaya kaya Nokia 3315 yang dulu pernah eksis pada zamannya yang sekarang malah terlantar digusur oleh yang muda. Emangnya mau di pakai ganjal pintu apa kalo udah gak dipake, hhe. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa Smartphone model sekarang canggihnya minta ampun bahkan sudah menggusur peralatan elektronik lain seperti jam, kalkulator, radio, hingga game playstation. Smartphone dan tablet ini juga sudah menjamur di kalangan pelajar. Gak tau alasannya apa menggunakan barang mahal tersebut, apakah untuk keperluan belajar mengajar atau hanya sekedar buat gaya aja. Hanya waktu yang bisa menjawab, hhe.

Sekarang ini anak kecil aja udah gaul banget. Malah saya pernah lihat anak SD mainnya dengan smartphone dan tablet. Bahkan temen hingga pacarnya sampai dicuekin (emang anak SD udah pacaran) wajarlah anak zaman sekarang gitu, hhe. Waduh zaman saya kecil dulu belum kenal yang namanya begituan, dulu mainnya cuma cirak, gaple, dakon, dan yang agak canggih sedikit main Tamagotchi. Beda dengan anak-anak zaman sekarang, mainnya game PSP, game Hp dan PC, pokoknya yang berbau elektronik lah. Maka dari itu semua timbullah dalam benak saya pertanyaan apakah perkembangan teknologi ini membawa dampak positif atau negatif bagi kita semua.  Apakah benar generasi muda zaman sekarang sudah dijajah sama teknologi. Wajarlah kalo anak-anak zaman sekarang rasa egoisnya tinggi, karena setiap hari kerjaannya cuma di depan layar handphone dan laptop, serta jarang berkomunikasi dengan orang lain secara langsung. Paling-paling komunikasi lewat jejaring sosial seperti facebook, twitter, dan teman-temannya. Entah sama orang yang sudah dikenal apa baru saja dia kenal. Pantesan banyak berita anak hilang karena teman facebook(sungguh ironis). Dan tidak dipungkiri bahwa dengan teknologi tanpa kita sadari membuat kita malas. Misalnya saja ketika kita ingin berbicara dengan orang lain saja harus menggunakan handphone padahal dengan berbicara langsung pun bisa karena rumahnya sebelahan, memang kitanya aja malas untuk ketemu. Padahal kan dengan ketemu bisa menambah keakraban dan mempererat tali silaturahmi. Contoh lain bahwa kita benar-benar dijajah teknologi adalah kita sangat tergantung kepada teknologi dan tidak bisa hidup tanpa teknologi bahkan setiap hari kerjaannya cuma bacain status orang di facebook. Coba saja sehari tanpa handphone dan koneksi internet pasti hidup terasa hampa. Satu hal lagi yang termasuk korban penjajahan teknologi adalah menyalahgunakan kecanggihan dari teknologi misalnya untuk berbuat curang pada saat ujian. Para para pelajar pasti pernah memakai trik ini, atau nama kerennya belajar pada saat ujian. Memanfaatkan fasilitas seperti whatsapp, BBM, dan bluetooth untuk bertukar jawaban dengan temannya (pengalaman pribadi, hhe).

Tapi jangan salah kawan, disamping memiliki dampak negatif, tentunya teknologi juga punya dampak positifnya. Kecanggihan teknologi ini dapat membantu kita dalam belajar berbagai hal. Sekarang koneksi internet sudah dapat diakses di berbagai tempat mulai dari daerah perkotaan hingga daerah terpencil sekalipun. Dengan segala fasilitas yang di dukung oleh handphone ataupun laptop yang sudah support koneksi internet baik menggunakan wifi maupun provider penyedia layanan internet(pakai modem). Dengan begitu kita bisa mengakses apapun yang kita mau, misalnya kita ingin berkomunikasi dengan saudara kita yang ada diluar negeri, kita hanya perlu duduk manis dan berada didepan laptop saja, kita sudah dapat melihat dan berbicara dengan saudara kita tersebut dengan biaya yang jauh lebih murah dari pada memakai telepon biasa. Misalnya lagi bagi para pelajar dalam Nge Gembell Ilmu, teknologi berguna dalam mencari referensi buku-buku atau jurnal ilmiah dalam bentuk softcopy, karena ini banyak disediakan secara gratis di internet. Berbeda dengan buku-buku yang dijual di toko yang harganya relatif mahal. Lumayankan bisa menghemat uang.

Dari sekian banyak yang saya bahas di atas tersebut, merupakan sebagian kecil dari dampak kecanggihan teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita sebagai orang terpelajar seharusnya dapat menggunakan teknologi dengan bijak. Apa yang sekiranya baik dan berguna, kita ambil dan dimanfaatkan, sedangkan apa yang sekiranya jelek dan merugikan, kita buang sejauh-jauhnya. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membuka pikiran kita, karena apakah nantinya teknologi yang kita gunakan dapat bermanfaat atau tidak, tergantung dari kesadaran diri kita masing-masing dalam menggali dan mencerna informasi yang didapatkan.

Semoga bermanfaat bagi kita semua!!!

Comments

Popular posts from this blog

Download One Piece Episode Perang Marineford

  EPISODE PERANG MARINEFORD Download Film One Piece Episode 459 (Peperangan Menentukan semakin dekat! Formasi Tempur Angkatan Laut Telah Siap!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 460 (Kemunculan Armada Kapal! Bajak Laut Shirohige!) Bahasa Indonesia   Download Film One Piece Episode 461 (Peperangan Akan Segera Di mulai! Ace dan Shirohige!) Bahasa Indonesia   Download Film One Piece Episode 462 (Kekuatan Penghancur Dunia! Kekuatan Buah Setan Gura Gura!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 463 (Membakar Semuanya Menjadi Abu! Kekuatan Admiral Akainu!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 464 (Sisa Dari Keturunan Iblis! Little Oars Junior Menuju Medan Perang!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 465 (Pemenangnya Adalah Keadilan! Rencana Sengoku!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 466 (Tim Topi Jerami Telah Tiba! Medan Pertempuran Semakin Memanas!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 467 (Aku A

Cara Aktifasi Windows 8.1 Pro dengan Skype

Cara Aktifasi windows 8.1 Pro menggunakan Skype PERMANENT Hay Guys , kali Ini Ane Akan memposting Tentang  Cara Aktifasi Windows 8.1 PRO / CORE dengan Masa PERMANENT  dan pastinya menggunakan skype  Windows 8.1 sedang heboh dibicarakan dan banyak yang masih bingung cara aktivasi permanent windows 8.1 pro karena tidak bisa memakai MAK key seperti di windows 8. oke sekian basa basinya :D langsung Saja Praktek Operasinya :p first Preparing The Material ( Ciyeeeh ) -__- download Skype untuk Desktop  KLIK DISINI  (password ad4msan.com) kenapa tidak memakai Skype Bawaan Dari metro UI apps ? karena agan akan kesulitan saat meng inpus instalation ID :) Modem / koneksi internet minimal memiliki kecepatan 512KB/s Retail key yg masih valid Bisa diambil  disini Download RETAIL KEY (Password ad4msan.com) konsentrasi Yg tinggi , bisa memahami b.inggris Minimal Hitungan Zero sampe Ten :p  Pertama buka Comand Prompt ( Run As Adminstrator ) dan Masukan retail key nya Dengan ketik perintah

Apa Itu PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan Jenisnya

Pengertian PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Apa itu PKM? PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti guna memberi ruang untuk para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Sejarah PKM PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan , penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yang diberi nama Progra