5 Negara Maju Tanpa Ujian Nasional Skip to main content

5 Negara Maju Tanpa Ujian Nasional

Sekarang lagi musim Galau Ujian Nasional. Untuk Apakah Ujian Nasional Sebetulnya? Apakah Ujian nasional mutlak diperlukan? Berikut 5 Negara Maju Tanpa Ujian Nasional dan ternyata tidak menerapkan ujian nasional pada sistem pendidikannya.

Kira kira negara mana saja yang masuk ke 5 Negara Maju Tanpa Ujian Nasional ,mari kita simak ulasan satu persatu ke 5 Negara Maju Tanpa Ujian Nasional berikut ini:

1. Finlandia

 
Finlandia sebagai negara dengan system pendidikan termaju di dunia tidak mengenal yang namanya Ujian Nasional. Evaluasi mutu pendidikan sepenuhnya dipercayakan kepada para guru sehingga negara berkewajiban melatih dan mendidik guru guru agar bisa melaksanakan evaluasi yang berkualitas. Setiap akhir semester siswa menerima laporan pendidikan berdasarkan evaluasi yang sifatnya personal dengan tidak membandingkan atau melabel para siswa dengan peringkat juara seperti yang telah menjadi tradisi pendidikan kita. Mereka sangat meyakini bahwa setiap individu adalah unik dan memiliki kemampuan yang berbeda beda.
Di Finlandia profesi guru adalah profesi yang paling terhormat. Dokter justru berada dibawah peringkat guru.



2. Amerika

 
Amerika yang terdiri dari banyak negara bagian ternyata tidak pernah menyelenggarakan UN atau ujian negara secara nasional.
Walaupun ada ujian yang diselenggarakan oleh masing-masing state (negara bagian), namun tidak semua sekolah diwajibkan mengikuti ujian negara bagian. Tiap negara bagian juga mempunyai materi ujian-masing masing.
Sekolah-sekolah tetap boleh menyelenggarakan ujian sendiri dan menentukan kelulusannya sendiri..


Semua lulusan, baik lulusan yang disenggarakan oleh sekolahnya sendiri atau lulus ujian yang diselenggarakan negara bagian, tetap boleh mengikuti ujian mauk ke college ataupun universitas asal memenuhi persyaratan dan lulus tes masuk.
Logika pendidikan yang digunakan yaitu: Kualitas pendidikan ditentukan oleh individu masing-masing kelulusan. Walaupun Si A lulusan dari SMA pinggiran yang tidak terkenal, kalau dia lulus tes masuk ke Universitas Harvard, maka diapun akan diterima di universitas tersebut.Jadi masalah kualitas ditentukan oleh individu (individual quality).

Pakar pendidikan dari Columbia University, Linda Hammond (1994)
Berpendapat bahwa nasionalisasi ujian sekolah tidak bisa memberi kreativitas guru. Sekolah tidak bisa menciptakan strategi belajar sesuai dengan perbedaan kondisi sosial, ekonomi, budaya, serta kemajuan teknologi. Sistem pendidikan top down oriented, tak bisa menjawab masalah yang ada di daerah-daerah berbeda.



3. Jerman


 
Jerman tidak mengenal ujian nasional. Kebijaksanaan yang diutamakan adalah membantu setiap peserta didik dapat berkembang secara optimal, yaitu dengan:
(1) menyediakan guru yang profesional, yang seluruh waktunya dicurahkan untuk menjadi
pendidik;
(2) menyediakan fasilitas sekolah yang memungkinkan peserta didik dapat belajar dengan penuh kegembiraan dengan fasilitas olahraga dan ruang bermain yang memadai dan ruang kerja guru;
(3) menyediakan media pembelajaran yang kaya, yang memungkinkan peserta didik dapat secara terus-menerus belajar melalui membaca buku wajib, buku rujukan, dan buku bacaan, (termasuk novel), serta kelengkapan laboratorium dan perpustakaan yang memungkinkan peserta didik belajar sampai tingkatan menikmati belajar;
(4) evaluasi yang terus-menerus, komprehensif dan obyektif.

Melalui model pembelajaran yang seperti inilah, yaitu peserta didik setiap saat dinilai tingkah lakunya,
kesungguhan belajarnya, hasil belajarnya, kemampuan intelektual, partisipasinya dalam belajar yang menjadikan sekolah di Jerman mampu menghasilkan rakyat yang beretos kerja tinggi, peduli mutu, dan gemar belajar.

Mereka setiap hari belajar selalu mendapat tugas dari semua mata pelajaran yang proses maupun hasilnya dinilai dan nilai-nilai ini memengaruhi nilai akhir semester dan seterusnya.



4. Kanada
 
Di Kanada tidak ada Ujian Nasional karena dianggap tak bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di negara itu. Untuk kontrol kualitas di Kanada terdapat penjaminan mutu pendidikan yang kontrolnya sangat kuat. Lembaga penjamin mutu ini benar-benar bekerja secara ketat dari pendidikan dasar hingga menengah. Sehinga murid yang akan masuk ke perguruan tinggi cukup dengan rapor terakhir.
Di Kanada, perguruan tinggi tidak sulit lagi untuk menerima murid darimana pun sekolahnya. Karena standar sekolah di sana sudah sesuai dengan standar perguruan tinggi yang akan dimasuki setiap lulusan sekolah.

Kebalikan dengan di Indonesia, perguruan tinggi banyak yang tidak percaya dengan lulusan sekolah menengah. Saling tidak percaya standar ini yang menyebabkan pemborosan keuangan negara karena harus menyelenggarakan UN dan ujian mandiri.



5. Australia
 
Di Negara Australia ini, ujian nasional tidak dilaksanakan bahkan tidak dikenal sama sekali, melainkan ujian state. Ujian ini tidak menentukan lulus tidaknya para peserta didik, namun untuk menentukan kemana siswa tersebut akan melanjutkan pendidikan. Berapapun nilai yang didapatkan oleh siswa dari ujian tersebut tetap dinyatakan lulus. Nilai nol pun tetap dinyatakan lulus, namun kelulusan tersebut tidak ada gunanya. Berarti siswa tersebut akan sangat sulit untuk melanjutkan pendidikannya.

Sumber

Comments

Popular posts from this blog

Download One Piece Episode Perang Marineford

  EPISODE PERANG MARINEFORD Download Film One Piece Episode 459 (Peperangan Menentukan semakin dekat! Formasi Tempur Angkatan Laut Telah Siap!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 460 (Kemunculan Armada Kapal! Bajak Laut Shirohige!) Bahasa Indonesia   Download Film One Piece Episode 461 (Peperangan Akan Segera Di mulai! Ace dan Shirohige!) Bahasa Indonesia   Download Film One Piece Episode 462 (Kekuatan Penghancur Dunia! Kekuatan Buah Setan Gura Gura!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 463 (Membakar Semuanya Menjadi Abu! Kekuatan Admiral Akainu!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 464 (Sisa Dari Keturunan Iblis! Little Oars Junior Menuju Medan Perang!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 465 (Pemenangnya Adalah Keadilan! Rencana Sengoku!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 466 (Tim Topi Jerami Telah Tiba! Medan Pertempuran Semakin Memanas!) Bahasa Indonesia Download Film One Piece Episode 467 (Aku A

Cara Aktifasi Windows 8.1 Pro dengan Skype

Cara Aktifasi windows 8.1 Pro menggunakan Skype PERMANENT Hay Guys , kali Ini Ane Akan memposting Tentang  Cara Aktifasi Windows 8.1 PRO / CORE dengan Masa PERMANENT  dan pastinya menggunakan skype  Windows 8.1 sedang heboh dibicarakan dan banyak yang masih bingung cara aktivasi permanent windows 8.1 pro karena tidak bisa memakai MAK key seperti di windows 8. oke sekian basa basinya :D langsung Saja Praktek Operasinya :p first Preparing The Material ( Ciyeeeh ) -__- download Skype untuk Desktop  KLIK DISINI  (password ad4msan.com) kenapa tidak memakai Skype Bawaan Dari metro UI apps ? karena agan akan kesulitan saat meng inpus instalation ID :) Modem / koneksi internet minimal memiliki kecepatan 512KB/s Retail key yg masih valid Bisa diambil  disini Download RETAIL KEY (Password ad4msan.com) konsentrasi Yg tinggi , bisa memahami b.inggris Minimal Hitungan Zero sampe Ten :p  Pertama buka Comand Prompt ( Run As Adminstrator ) dan Masukan retail key nya Dengan ketik perintah

Apa Itu PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) dan Jenisnya

Pengertian PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Apa itu PKM? PKM adalah singkatan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Dikti guna memberi ruang untuk para Mahasiswa menunjukkan kreativitasnya. PKM merupakan salah satu bentuk upaya yang dilakukan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DP2M), Ditjen Dikti dalam meningkatkan kualitas peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Sejarah PKM PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan , penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yang diberi nama Progra